Pengetahuan dasar bagi seorang pilot. Informasi lengkap seputar pengetahuan aeronautical, aeronautics, aeronautics, aeronotika, ilmu penerbangan. Struktur, disain, dan komponen utama pesawat udara, pesawat terbang, kapal terbang. Panduan lengkap bagi yang ingin menjadi pilot.

Jumat, 18 Januari 2008

EMPENNAGE - BAGIAN BELAKANG KAPAL TERBANG

Temukan informasi lengkap dalam bahasa inggris

Nama yang tepat untuk bagian ekor dari kapal terbang adalah empennage. Empennage meliputi seluruh bagian belakang pesawat yang terdiri daripermukaan yang tetap seperti pengatur keseimbangan vertikal dan horizontal. Permukaan yang dapat bergerak antara lain kemudi (rudder), elevator (kemudi naik atau turun pada pesawat), dan satu atau lebih penjaga keseimbangan (trim tabs).

Tipe kedua dari disain empennage tidak membutuhkan elevator. Sebaliknya, digabungkan kedalam satu bagian stabilzer horizontal yang berporos pada titik pusat engsel. Tipe dari disain ini disebut stabilator, dan bergerak menggunakan pengendali roda, dan memilki fungsi yang sama dengan elevator. Sebagai contoh, ketika kendali roda ditarik stabilator menjadi hidup, jadi sudut bagian belakang pesawat bergerak naik. Hal ini, menambah daya angkut aerodinamis bagian belakang pesawat dan menyebabkan hidung pesawat menjadi naik. Stabilator memiliki pengenal antiservo (antiservo tab)yang menonjol disepanjang sudut ekor pesawat. Lihat gambar.

Antiservo tab bergerak searah dengan sisi belakang stabilator. Antiservo tab juga berfungsi sebagai penyeimbang untuk meringankan kendali tekanan dan membantu menjaga stabilator dalam posisi yang diinginkan.

Rudder ditempelkan ke bagian belakang dari pengatur keseimbangan vertikal. Selama penerbangan, rudder digunakan untuk memindahkan hidung pesawat ke kiri dan kanan. Rudder dikombinasikan dengan ailerons untuk berbelok sewaktu penerbangan. Elevator, yang mana ditempelkan pada bagian belakang dari pengendali keseimbangan horizontal, digunakan untuk menggerakkan hidung pesawat naik dan turun sewaktu penerbangan.

Trim tabs adalah kecil, bagian sisi belakang yang dapat bergerak dari pengendali permukaan. Trim tabs yang dapat bergerak tersebut, yang mana dikendalikan dari kokpit, mengurangi tekanan kendali. Trim tabs dapat dipasang di ailerons, rudder dan/atau elevator.

Tidak ada komentar:

*******************

Google